Penjelasan Tentang MD5

Apa Itu MD5 ?

MD5 merupakan singkatan dari Message Digest 5. MD5 ini ditemukan oleh Ronald Rivest pada tahun 1991. Gagasan yang ada didalam algoritma MD5 ini sendiri adalah mengambil data acak baik tulisan atau biner sebagai input dan menghasilkan ukuran nilan hasi tetap sebagai outputnya.
Data Masukan / Data Input bisa saja berupa ukuran atau panjang tapi data outputnya dipastikan berupa ukuran yang ditetapkan, berapapun ukuran yang dimasukan akan menghasilkan ukuran tetap algoritma MD5 32 digit hex
Contoh: 
 huruf = a 
MD5 nya = 0cc175b9c0f1b6a831c399e269772661

Dari penjelasan diatas, kalian pasti sudah menemukan poinnya yaitu MD5 menenkripsi tulisan menjadi digit hex. Dengan menggunakan fitur ini bisa meningkatkan keamanan file / akun / tulisan dari hacker karena apa yang mereka baca adalah kumpulan digit hex bukan string asli tulisan tersebut.

md5 sifatnya hanya satu arah, yaitu dari teks masukan menjadi nilai hash yang panjangnya selalu sama ( 32 digit ). Setelah menjadi nilai hash, tidak ada fungsi yang bisa mengembalikan nilai hash itu menjadi teks semula. 

dan pada tools Md5 decrypter yang sering kita jumpai  mereka hanya menggunakan kumpulan data data md5 yang pernah di hash , makanya kita terkadang susah men decrypt password md5 


beberapa web yang menyediakan decrypt md5

https://hashkiller.co.uk/md5-decrypter.aspx
https://www.md5online.org/md5-decrypt.html
https://passwordsgenerator.net/md5-hash-generator/
Itulah penjelasan sedikit tentang MD5 semoga bermanfaat kawan :)

Komentar